Read more: http://smartbekantan.blogspot.com/2009/05/tulisan-berjalan-di-address-bar.html#ixzz1ErIsIksz

Senin, 24 Januari 2011

Tata Boga

Nie, pelajaran tataboga Q wktu kls SMP kls 1... \^_^/


Pengelolaan Usaha Boga


I. Pengertian Usaha Boga
   Usaha boga terdiri atas kata "usaha" dan "boga". usaha artinya salah satu kgiatan atau aktivitas untuk mencapai tujuan yang diinginkan. sedangkan boga artinya kegiatan mengolah atau membuat dan menyajikan makanan dan minuman.jadi usaha boga adalah suatu kegiatan atau usaha untuk memberikan pelayanan makanan dan minuman untuk konsumen.



II. faktor-faktor yang mempengaruhi usaha boga 
 a) Individu
     Individu dipengaruhi oleh keinginan untuk memenuhi kepusan pada diri masing-masing dengan alasan:
     - selera dan kebiasaan makan
     - kebutuhan gizi
     - pertimbangan kesehatan
     - gaya hidup
 b) Hubungan Sosial
     Hubungan sosial ipengruhi oleh kebiasaan-kebiasaan jamuan didalam masyarakat, dengan menyediakan hidangan yang sesuai untuk membantu terjadinya hubungan sosial.
c) tujuan makan
    penyelenggaraan hidangan yang mempunyai tujuan tertentu, dengan dalam jumlah yang besar. misalnya catering, hajatan, dll. 

 III. Klasifikasi Usaha Boga
usaha boga menurut bentk usahanya, terdiri dari :
  1. Restoran
      Restoran adalah suatu usaha yang mmberikan pelayanan berupa makanan dan minuman di tempat mewah. restoran dikelompokkan menjadi dua yaitu :
      a) Formal
          Formal adalah suatu usaha yang memiliki izin dari pemerintah untuk membuka usaha dibidang jasa boga dengan pelayanan yang mewah.
      b) Informal
          Informal adalah suatu usaha yang berupa usaha kecil dengan pelayanan yang sederhana.
  2. Catering
      Catering adalah suatu usaha yang menerima dan menyediakan pesanan makanan dan minuman dalam jumlah besar.
  3. Bakery
      Bakery adalah suatu usaha boga yang menyediakan berbagai macam kue dan roti. Bakery ada berbagai macam olahan yaitu :
      1) Kue basah
      2) Kue Kering
      3) Cake
      4)  Pastry
      5) Roti

IV. Jenis-Jenis Produk Usahan Boga terdiri atas :
 1. Masakan
     a) Masakan tradisional
     b) Masakan asing
 2. Makanan kecil/kue
     a) Kue tradisional
          - Kue basah  : bikang, lemper, pukis, dll
          - Kue kering : keciput, kuping gajah, pastel kering, dll
     b) Kue asing
         - Kontimental : roti, kue, suz, dll
 3. Minuman
     a) Panas : wedang, sekoteng, angsle, dll
     b) Dingin : Es kopyor, es degan, es campur, dll
     c) Kemasan : Sari temulawak, sari dele, nata decoco, dll
 4. Makanan Awet
     a) Dimaniskan
         Contoh makanan yang dimaniskan yaitu manisan, selat, sirup, dll
     b) Diasinkan
          Contoh makanan yang diasinkan yaitu ikan asin, telur asin, dll
     c) Dikeringkan
          Contoh makanan yang dikeringkan yaitu sale pisang, kerupuk, dendeng, dll
     d) Diasap
          Contoh makanan yang diasap yaitu bandeng asap, ikan asap, daging asap, dll

V. Teknik Pengemasan Produk Tata Boga
     Syarat-syarat kemasan yang baik untuk produk usaha boga :
     1. Sebagai tempat/pembungkus
         Fungsinya untuk melindungi produk dengan baik dan mudah dibawa.
     2. Memiliki daya tarik
         Jika didesain secara menarik, akan meningkatkan citra dan nilai tambah produk sehingga konumen tertarik untuk membelinya.
     3. Praktis
         Mudah dibawa, mudah dibuka, dan mudah ditutup kembali dengan ringan dan cepat.
     4. Menimbulkan harga diri
         Jika kemasan tersebut menarik, secara otomatis akan menimbulkan harga diri orang yang membawanya.
     5. Ketetapan ukuran
          Ukuran kemasan harus disesuaikan dengan faktor kepraktisan, baik ketika dibawa konsumen, maupun saat diangkut dalam jumlah besar. 
     6. Aman bagi kesehatan
         Tidak mempengaruhi mutu dan tidak berbahaya bagi kesehatan.
     7. Mencantumkan tanggal kadaluarsa, komposisi, depkes, MUI.

VI. Tekknik Pemasaran Produk Usaha Boga
       Strategi pemasaran diawali dengan penentuan harga pasar, yakni masyarakat yang dituju. hal-hal yang berhubungan dengan pangsa pasar yaitu :
      1. Konsumen yang dituju
          a) Anak sekolah
          b) Karyawan pabrik
          c) Masyarakat umum
      2. Jenis makanan yang sedang digemari masyarakat, misalnya makanan cepat saji.
     
      Teknik pemasaran produk usaha boga, bertujuan untuk mencapai volume penjualan tertentu, mendapatkan laba tertentu dan menunjang pertumbuhan atau kelanjutan usaha.Beberapa cara untuk memasarkan produk usaha boga lain :
      1. Promosi
      2. Pameran
      3. Penyebaran brosur
      4. Melalui internet
      5. Penjualan langsung
      6. Penjualan tidak langsung
      7. Jasa pengiriman


Analisa Usaha

      Analisa usaha bertujuan untuk memberi gambaran bahwa suatu usaha boga layak dijalankan dan mendapat suatu keuntungan serta manfaat atau tidak. dalam membuat analisa usaha boga, faktor penting yang harus diperhatikan adalah perhitungan biaya. biaya yang dikeluarkan oleh usaha boga terdiri dari biaya tetap dan biaya tidak tetap. perhitungan jumlah biaya yang dikeluarkan dapat bermanfaat dalam perhitungan harga pokok penjualan dan perhitungan analisis finansial kelayakan usaha boga.
          Biaya tetap pada usaha boga merupakan biaya investasi untuk pengadaan peralatan, ruang pengelolaan dan modal kerja untuk satu bulan biaya tetap (variabel) pada usaha boga merupakan biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi usaha boga. biaya tidak tetap pada usaha boga terdiri dari biaya bahan baku, biaya bahan tambahan, biaya penunjang (kemasan, label, air, listrik dll) dan biaya tenaga kerja   
          Harga Pokok Penjualan (HPP) adalah harga minimum yang harus diterapkan oleh produsen agar tidak mengalami kerugian. sedangkan harga penjualan adalah harga yang dapat memberikan keuntungan bagi produsen. hal tersebut dikarenakan adanya selisih antara harga penjualan dengan harga pokok penjualan. Penentuan besarnya harga penjualan dapat dipertimbangkan dengan harga produk sejenis yang ada di pasar.
Rumus : 
                                                          Total biaya produksi
Harga Pokok Penjualan (HPP) =                                     
                                                           Total hasil Produksi 

                                                          Total biaya
Break Even Point (BEP) =                                        
                                                 Harga jual perkemasan



Break Even Point (BEP) terjadi jika total biaya sama dengan nilai jual produk usaha boga. BEP adalah titik impas penjualan. keuntungan yang diperoleh produsen adalah jika semua produk terjual habis.
Contoh :
* penjualan bikang
   - hasil jadi = 60 buah
   1. Biaya tetap (dalam satu hari)
       a) Tenaga kerja       = Rp 10.000,00
       b) Perawatan alat    = Rp 2000,00
       c) Listrik                 = Rp 2000,00
      d) Bahan bakar        = Rp 7.000,00
      e) Plastik                 = Rp 3.000,00
      Total                      = Rp 24.000,00
   2. Biaya tidak tetap
       - biaya bahan baku = Rp 22.000,00
       - biaya tambahan    = Rp 24.000,00
Total biaya produksi 60 bikang = Rp 46.000,00
Total biaya produksi 1 bikang   = Rp 46.000,00 : 60
                                                    = Rp  766,7
                                                    = Rp 800 (dibulatkan)
Jadi harga jual 1 bikang = Rp 1500,00
Untung                          = Rp 1500,00 - Rp 800,00
                                     = Rp Rp 700,00


                                         

sumber :  dicatatkan guru smpQ kelas 7

1 komentar: